Friday, November 1, 2013

Brand Belief 2


Dasar-dasar Periklanan
dosen : Santo Tjhin
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Tarumanagara

PERSPEKTIF MEREK

Manfaat Merek
  • Bagi pelanggan: 
-Merek sebagai sinyal kualitas
-Mempermudah proses atau memandu pembelian
-Alat mengidentifikasi produk
-Mengurangi resiko
-Memberi nilai psikologis
-Dapat mewakili kepribadian

  • Bagi perusahaan:
-Magnet pelanggan
-Alat proteksi dari para imitator
-Memiliki segmen pelanggan yang loyal
-Membedakan produk dari pesaing
-Mengurangi perbandingan harga sehingga dapat dijual premium
-Memudahkan penawaran produk baru
-Bernilai finansial tinggi
-Senjata dalam kompetisi

Merek dan produk memang tidak terpisahkan. Produk adalah sesuatu yang dibuat oleh pabrik. Produk diciptakan untuk dijual, sehingga dengan mudah dapat ditiru pesaing. Produk dapat dengan cepat menjadi kuno, namun sebasliknya merek terpatri di benak pelanggan. Merek digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi beragam produk dan jasa yang ditawarkan. Melalui merek, perusahaan dapat memberikan berbagai sentuhan emosional atau eksperimental yang tidak dapat diberikan oleh produk.
Bagaimanapun merek dapat digunakan dalam berbagai bentuk, yaki:
1. Barang fisik 
2. Jasa
3. Tempat
4. Ide dan gagasan
5. Ritel dan distributor
6. Produk dan jasa online
7. Orang
8. Organisasi
9. SEni
10. Olahraga
11. Hiburan

No comments:

Post a Comment