Tuesday, November 5, 2013

Brad Belief 8

Dasar-dasar Periklanan
dosen : Santo Tjhin
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Tarumanagara

MENGEMBANGKAN ASOSIASI MEREK

Mengembangkan asosiasi merek seringkali digunakan sebagai salah satu strategi dalam menyiasati persaingan. alasan sederhana, yaitu asosiasi yang ada saat ini tidak cukup kuat utuk menahan laju pesaing serta untuk kepentingan menggarap segmen pasar yang lebih luas, sehingga dibutuhkan asosiasi-asosiasi lain yang sesuai dengan memanfaatkan pengetahuan pelanggan yang telah ada. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan asosiasi, yaitu:
1. jangan membuat pelanggan bingung
2. mendukung citra merek
3. dukungan program pemasaran
4. tidak bertentanga dengan keyakinan pelanggan

Beberapa Cara Mengembangkan Asosiasi
1. Memanfaatkan citra negara asal (italia dengan pakaian, sepatu, pizza; jepang dengan elektronik, otomotif)
2. Perusahaan membuat produk 
- menciptakan merek baru
- memodifikasi merek yang telah ada
- kombinasi 
3. Brand evangelist adalah pengabar berita baik tentang sebuah merek. 
4. Jaringan PEritel terkenal
5. Co-Branding dimana dua merek atau lebih melakukan joint marketing atau joint product
6. Lisensi berkaitan dengan kontrak tertentu antara dua atau berbagai pihak yang sepakat untuk menggunakan merek, logo, dan segala bentuk kepemilikan lainnya sehingga dapat digunakan oleh pihak lain. 
7. Events
8. Aktivitas kreatif

dirangkum dari bab 8 buku Brand Belief Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan (Andi M. Sadat)

No comments:

Post a Comment