Dasar-dasar Periklanan
dosen : Santo Tjhin
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Tarumanagara
BRAND BELIEF
Keyakinan merek merupakan keyakinan inti yang dimiliki sebuah merek sehingga menjadi pola pikir yang tergambar pada seluruh aktivitas. Sebagai keyakinan inti, keyakinan merek menjadi "hub" bagi elemen merek lainnya. Dalam praktiknya, keyakinan merek seharusnya terefleksi langsung pada perilaku merek, bsifat konstan dan jangka panjang, kecuali jika sengaja diubah dengan alasan strategis. Secara fakttual, keyakinan merek dapat berasal dari berbagai sumber, seperti:
1. Pendiri
2. Sejarah merek
3. Evolusi merek
Perluasan Keyakinan Merek
Perluasan keyakinan merek menjadi beberapa elemen sebagai "meaningful groupings" yang masih terkait erat dengan keyakinan merek. Tujuan perluasan keyakinan merek adalah sebagai "jembatan" bagi strategi komunikasi merek agar mampu merefleksikan keyakinan merek yang dalam banyak hal sangat abstrak.
Melalui perluasan keyakinan merek , mungkin untuk memilikii fleksibilitas terutama dalam mendukung strategi komunikasi untuk berhubungan dengan pasar secara jangka panjang.
Beberapa manfaat perluasan keyakinan merek adalah:
1. Memberi artikulasi yang lebih nyata pada keyakinan merek
2. Memperkaya keyakinan merek, membantu strategi komuniaksi merek agar lebih fleksibel dan tidak terjebak dalam perangkap pemosisian
3. Menjaga konsistensi merek dengan berperan sebagai "the real guidance" bagi pengambilan keputusan merek dan jangka panjang.
4. Menjembatani aspirasi pasar dan pelanggan dengan keyakinan perusahaan.
5. Berfungsi sebagai "rumah" yang dapat mendukung merek "bergerak melampaui atributnya
dirangkum dari bab 3 buku Brand Belief Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan (Andi M. Sadat)
No comments:
Post a Comment