Monday, November 4, 2013

Brand Belief 5

Dasar-dasar Periklanan
dosen : Santo Tjhin
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Tarumanagara

STRATEGI PEMOSISIAN MEREK

Bagi merek, memiliki posisi dan tempat khusus di benak pelanggan tentu saja menjadi keunggulan tersendiri. Untuk itu, strategi pemosisian yang tepat harus dioptimalkan agar dapat menciptakan keunikan yang akan membantu merek dalam menghadapi persaingan. Bensk atau memori pelanggan dapat diibaratkan sebagai lahan dengan banyak kavelimg. Upaya merebut sebuah kaveling tentu saja tidak bisa dilakukan dengan cara membabi buta, tanpa strategi dan pemahaman mengenai siapa target dan segmen yang dituju. Hrus dipahami bahwa setiap segmentasi membutuhkan pendekatan yang berbeda. Dlam meramu strategi kokmuiki, pemasar harus memahami betul bagaimana pelanggan memproses informasi, membangun persepsi, serta apa saja yang mempengaruhi mereka dalam pengambilan keputusan. 

Mengembangkan Pernyataan Pemosisian
Untuk memastikan pernyataan pemosisian yang tepat, menurut Scott M. Davis (2000), ada tiga hal mendasar yang harus dipahami perusahaan, yaitu: 
1. Definisikan target pasar yang hendak dituju
2. Definisikan pada bisnis mana perusahaan anda berada atau pada kategori industri mana perusahaan berkompetisi
3. Pernyataan pemosisian harus benar-benar mewakili difrensiasi dan manfaat kunci yang dijanjikan

Menulis Pernyataan Pemosisian
Secara garis besar, terdapat lima hal yang plu diperhatikan oleh perusahaan sebelum menulis pernyataan pemosisian merek (temporal, 2002), yaitu: 
1. Merek anda, harus jelas apa yang benar-benar dapat ditawarkan sehingga dapat menarik "hati" pelanggan.
2. Target pelanggan yang akan dipengaruhi, memahami hal yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan merupakan prinsip dasar yang harus dipahami. 
3. Pesaing yang dihadapi, memahami pesaing dengan baik merupakan senjata yang cukup ampuh dalam mengarungi samudra pasar yang begitu luas. 
4. Mengapa anda berbeda dan lebih baik dibanding pesaing
5. Persepsi pelanggan yang diinginkan terhadap merek anda

Tagline Membantu Pemosisian
Tagline adalah ungkapan yang biasanya ditemuimelekat pada sebuah logo atau setelah nama merek. Ungkapan tersebut sangat singkat, biasanya terdiri atas dua hingga empat kata. Tujuannya untuk membantu mempertegas personalitasdan pemosisian sebuah merek kepada pelanggan. Tagline dimanfaatkan terutama untuk mengkomunikasikan sebuah merek secara eksternal, memiliki limitasi dan jangkauan tertentu. 

Mengimplementasikan Strategi Pemosisian
1. Menekankan pada keyakinan merek
2. Menekankan pada manfaat 
3. Menekankan pada fitur dan atribut
4. Menekankan pada perbedaan
5. Berdasarkan Pemakaian
6. menekankan pada pesaing
7. Menekankan pada kategori
8. Berdasarkan masalah
9. Personalitas
10. Klaim sebagai yang paling (ter....)
11. Melalui imajinasi

dirangkum dari bab 5 buku Brand Belief Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan (Andi M. Sadat)

No comments:

Post a Comment