Tuesday, November 5, 2013

Brand Belief 6

Dasar-dasar Periklanan
dosen : Santo Tjhin
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Tarumanagara

PROPOSISI NILAI MEREK

Konsep Proposisi Nilai
proposisi nilai secara sederhana dapat didefinisikan sabagai pernyataan pemasaran yang merupakan rangkuman manfaat yang akan diterima pelanggan terhadap sebuah merek. Dengan demikian, proposisi nilai merupakan janji yang berisi sejumlah alasan pelanggan harus membeli produk atau jasa dari sebuah merek. proposisi nilai bertujuan mempertegas manfaat yang dapat diberikan merek kepada pelanggan dibandingkan merek-merek pesaing. Proposisi nilai merupakan perpaduan antara keseseuaian kebutuhan pelanggan dengan atribut-atribut yang dimiliki oleh merek. 
proposisi yang baik memiliki beberapa elemen yang terkombinas sehingga merupakan kumpulan kekuatan pemasaran. beberapa elemen tersebut adalah:
1. merefleksikan target pemasaran
2. menjawab aspirasi pelanggan
3. memiliki sisi yang unik
4. menawarkan solusi
5. lakukan evaluasi setiap saat

Beberapa Kesalahan dalam Proposisi Nilai
tidak sedikit merek yang mengalami kegagalan. berikut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mengembangkan proposisi nilai, yaitu:
1. menganggap proposisi nilai tida penting
2. tidak benar-benar berbeda
3. tidak memiliki cukup kedalaman
4. tidak memiliki sejarah
5. butuh waktu

Tiga jenis Proposisi Nilai
1. Nilai Fungsional
adalah nilai yang sangat umum dijumpai dan ditawarkan oleh sebuah merek, Nilai ini berkaitan langsung dengan fungsi dasar yang tergambar dari atribut produk yang ditawarkan. contoh, nilai fungsional kulkas yang Anda beli mampu mendinginkan makanan dengan cepat, memiliki kapasitas yang besar, serta hemat energi. dengan kata lain, nilai fungsional adalah manfaat dasar yang dapat ditawarkan merek melalui produk kepada pelanggan. Beberapa keterbatasan nilai fungsional:
1. sulit menentukan perbedaan
2. mudah ditiru
3. asumsi pembeli akan menentukan pilihan secara rasional
4. menyulitkan perluasan merek

2. Nilai Emosional 
sebuah merek dapat mampu memberikan manfaat emosional kepada Anda, yaitu perasaan berupa simbol kemewahan dan status yang tinggi.

3. Nilai Ekspresi Diri 
merek yang digunakan merupakan ungkapan bagi simbol dan status mereka. Apa yang mereka pakai adalah wujud ekspresi diri untuk mempertegas posisi mereka di mata orang lain. Ekspresi diri lebihdari sekedar melibatkan emosi dan perasaan saat menggunakan merek tertentu. Ekspresi diri adalah ungkapan terdalam bagi seorang pelanggan yang ingin menunjukan dirinya melalui kedekatan dengan merek yang digunakan. 

dirangkum dari bab 6 buku Brand Belief Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan (Andi M. Sadat)

No comments:

Post a Comment