Dasar-dasar Periklanan
dosen : Santo Tjhin
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Tarumanagara
SIFAT DAN PERANAN PERIKLANAN
DALAM SISTEM SOSIOEKONOMI
Preferensi Masyarakat
preferensi suatu kelompok masyarakat terhadap budaya akan mempengaruhi isi pesan iklan. Jadi , alat kontrasepsi tertentu bisa diiklankan di beberapa kelompok masyarakat tertentu, namun tidak mungkin bisa di kelompok masyarakat lain. Pada prinsipnya masyarakat demokratis memiliki sistem yang harus membuat tugas menjadi relatif sederhana dimana preferensi sosialnya dinyatakan, oleh para pembuat undang-undang berdasarkan hukum, dalam arti diterjemahkan dan dilaksanakan oleh para pejabat yang berwenang menjalankan aturannya dan pengadilan. Perubahan preferensi masyarakat dicerminkan oleh perubahan cara pemilihan wakil-wakil rakyat, hukum, dan penafsiran hukum.
Sifat Ekonomis Institusi Periklanan
pembahasan harus diawali dengan stereotip iklan yang kadang-kadang mengganggu munculnya data yang dipertimbangkan secara rasional.
Umumnya orang percaya juga bahwa kegiatan periklanan menyebabkan perubahan ekonomi, namun semua data yang diperoleh memberi kesan bahwa kegiatan periklanan cenderung mengikuti perkembangan ekonomi, alam arti, menyesuaikan diri dengan perubahan ekonomi.
dirangkum dari bab 6 buku Periklanan Manajemen, Kiat dan Strategi (Kustadi Suhandang)
No comments:
Post a Comment